Kepundoong

Personal Blog of Kepundoong, by Silver Arrow | Blog yang berisi konten tentang Game, Tutorial, Tips & Trick, dan segala sesuatu yang bermanfaat.

Games

Tutorial

Post Page Advertisement [Top]

Cara Menambahkan Exception Folder Windows Defender pada Windows 10

Cara Menambahkan Exception Folder Windows Defender pada Windows 10

Cara Menambahkan Folder atau File Pengecualian di Windows Defender atau Windows Security pada Windows 10

Apa sih, antivirus itu? Pembahasan ini mengacu pada antivirus yang ada pada komputer ya, bukan antivirus pada manusia, hehe. Jadi, menurut penulis, antivirus merupakan sebuah program perangkat lunak, yang berfungsi untuk menjaga atau melindungi komputer kita dari serangan malware (malicious software), atau program-program lain yang mencurigakan, dimana sifatnya tersebut dapat merusak perangkat yang kita gunakan. Ya, meski ada bebera program yang dianggap sebagai virus, misalnya seperti patch, dan sebangsanya. Semua itu tergantung kebutuhan untuk tetap dibiarkan pada komputer, jika dikira berbahaya, dapat dihilangkan saja, jika memang perlu, bisa tetap dibiarkan berada pada komputer yang kita gunakan.

Kali ini penulis akan membahas tentang cara menambahkan pengecualian pada windows defender. Terkadang suka bingung juga apabila ada file yang selalu dianggap sebagai file berbahaya, sedangkan kita masih butuh file tersebut. Mengatasi hal tersebut, kita dapat menambahkan pengecualian, seperti foldernya, atau file nya secara langsung.

Oke, disini penulis asumsikan saja, jika windows defender mendeteksi file berbahaya, artinya windows defender sudah aktif, dan biasanya terdapat iconnya pada tray icon. Jika belum aktif, bisa dicari pada kolom pencarian Windows 10, dengan mengetikkan "Windows Security".
Selanjutnya, ikuti langkah-langkah yang telah dituliskan berikut:

1. Pertama, klik tray icon pada taskbar, dan klik icon windows security

2. Selanjutnya, akan terbuka jendela windows security, kemudian klik Virus & threat protection, lalu klik Manage settings.

3. Kemudian, scroll kebawan dan cari tulisan Exclusions, lalu klik Add or remove exclusions, tulisan biru kecil yang ada dibawahnya, untuk lebih jelasnya dapat dilihat seperti pada gambar.


4. Selanjutnya, akan muncul halaman Exclusions, lalu klik saja tombol Add an exclusion yang ada tanda (+) disamping kirinya.

5. Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan, seperti File, Folder, File type, Process. Kalian dapat menambahkan yang manapun, sesuai kebutuhan. Dalam pembahasan ini, penulis menambahkan folder.

6. Setelah pilihan Folder di klik, selanjutnya akan muncul jendela untuk mencari dimaan lokasi folder yang akan ditambahkan. Disini senagai contoh, penulis menambahkan folder Documents sebagai Exclusion. Setelah folder ditemukan, dan mau ditambahkan sebagai Exclusion, lalu klik saja tombol Select Folder.

7. Kemudian, setelah folder ditambahkan, maka akan muncul pada daftar Exclusion, seperti pada gambar.

8. Oke, sudah selesai menambahkan folder pengecualian pada Windows Defender atau Windows Security di Windows 10. Jika kalian ingin menghapus folder atau file pengecualian, tinggal arahkan saja pada folder yang ingin dihapus, kemudian klik, dan akan muncul tombol Remove.

Sekian artikel dari penulis tentang cara menambahkan folder pengecualian windows defender atau windows security pada windows 10. Penulis mohon maaf apabila ada kesalahan, dan apabila ada kekurangan, silahkan ditambahkan sendiri :D. Terimakasih telah berkunjung, kami tunggu lagi kunjungannya dilain waktu.

Bottom Ad [Post Page]